Selasa, 24 Januari 2012

PENGERTIAN SISTEM AKUNTANSI

Definisi Sistem

SISTEM
adalah sekelompok unsur yang erat hubungannya satu dengan lainnya, yang berfungsi bersama-sama untuk mencapai tujuan tertentuJenis-jenis Sistem, yaitu:- Terbuka & tertutup
- Sistem buatan & alam
Sifat-sifat atau Karakteristik Sistem, mempunyai yaitu:
- Tujuan
- Input-Proses-Output
- Lingkungan
- Elemen-elemen yang Terkait
- Pengendali Sistem
- Ada Pengguna
Definisi Sistem Akuntansi
Howard F. Settler:
Sistem akuntansi adalah formulir-formulir, catatan-catatan, prosedur-prosedur, dan alat-alat yang digunakan untuk mengolah data mengenai usaha suatu kegiatan ekonomis dengan tujuan untuk menghasilkan umpan balik dalam bentuk laporan-laporan yang diperlukan oleh manajemen untuk mengawasi usahanya, dan bagi pihak-pihak lain yang berkepentingan seperti pemegang saham, kreditor, dan lembaga-lembaga pemerintah untuk menilai hasil operasi”
Dari definisi sistem akuntansi tersebut, unsur sistem akuntansi pokok adalah: formulir, catatan yang terdiri dari jurnal, buku besar dan buku pembantu serta laporan-laporan.
  • Formulir
  • Jurnal
  • Buku Besar
  • Buku Pembantu
  • Laporan Keuangan
Pengertian Sistem dan Prosedur Akuntansi
Definisi Sistem dan prosedur akuntansi menurut:
W. Gerald Cole:
Sistem adalah suatu kerangka dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan yang disusun sesuai dengan skema yang menyeluruh untuk melaksanakan suatu kegiatan atau fungsi utama dari perusahaan.”
Prosedur adalah suatu urut-urutan pekerjaan klerikal (clerical), biasanya melibatkan beberapa orang dalam satu bagian atau lebih, disusun untuk menjamin adanya yang seragam terhadap transaksi-transaksi perusahaan yang sering terjadi”.
Pekerjaan klerikal adalah:
  1. Menulis: misal penulisan nama dan alamat pembeli, dan lain-lain data pada faktur penjualan.
  2. Pemberian kode; misal memberi kode rekening yang didebit dan dikredit.
  3. Pembandingan; misal membandingkan faktur pembelian denga laporan penerimaan barang.
  4. Pembukuan; misal membukukan data pada bukti transaksi ke dalam buku jurnal.
  5. Penggandaan; misal menulis faktru penjualan rangkap empat.
  6. Pemilahan; misal memilah faktur pembelian menurut abjad pemasok.
  7. Perhitungan; misal perkalian, pembagian, penjumlaham dan pengurangan.
  8. Pembuatan daftar-daftar; misal daftar piutang yang menunggak lebih dari satu bulan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar