Senin, 14 November 2011

Cara Install Plugin WordPress


Cara mencari Plugin WordPress

Ada beberapa cara untuk mencari plugin wordpress sesuai dengan yang anda butuhkan, bisa melalui backend wordpress secara langsung, halaman resmi plugin wordpress, atau melalui search engine. Yang harus anda pikirkan yaitu keyword atau kata kunci yang kira-kira berhubungan dengan fungsi yang anda inginkan tersebut.

Mencari plugin via Backend WordPress

Berikut adalah cara mencari plugin langsung melalui backend WordPress :
  1. Silahkan login ke admin blog anda.
  2. Alihkan perhatian ke sebelah kiri kemudian klik menu Plugins lalu klik sub menu Add New.
    plugin wordpress
  3. Disini anda tinggal memasukkan kata kunci yang kira-kira sesuai dengan fungsi yang anda butuhkan. Contoh : jika anda sedang mencari plugin untuk SEO, maka tulislah SEO pada kotak pencarian. Jika anda sedang mencari plugin untuk fungsi E-Commerse maka tulis e-commerse pada mesin pencari tersebut. Jangan lupa untuk klik tombol Search Plugins.
  4. Akan muncul berbagai plugin yang berhubungan dengan kata kunci anda, silahkan baca keterangan yang ada pada plugin tersebut. Silahkan pilih sesuai dengan keinginan.
    Cara mencari plugin wordpress
  5. Apabila anda menemukan plugin yang cocok, andapun bisa langsung menginstallnya dengan klik “ Install Now

Mencari plugin via WordPress.org

WordPress.org menyediakan satu alamat khusus untuk pencarian plugin wordpress yaitu http://wordpress.org/extend/plugins/. Pada halaman tersebut tersedia banyak sekali plugin yang bisa anda gunakan sesuai dengan kebutuhan. Umumnya, plugin yang tersedia pada halaman resmi plugin wordpress.org sudah melalui testing terlebih dahulu sehingga dapat dikatakan plugin tersebut telah lolos uji coba, namun harus di ingat bahwa terkadang untuk plugin-plugin tertentu hanya kompatibel dengan versi wordpress tertentu pula.
Untuk mencari plugin, anda tinggal memasukkan kata kuci yang berhubungan dengan fungsi yang anda butuhkan, misal : Related post thumbnail, lanjutkan dengan klik tombol Search Plugins.
Pencarian plugin wordpress
Apabila hasil pencarian telah muncul, silahkan klik pada judul plugin untuk melihat detail plugin serta link download.
hasil pencarian plugin
Setelah detail dari plugin tersebut telah muncul dan anda merasa cocok dan ingin mencobanya, silahkan download saja plugin tersebut.

Mencari plugin via Google

Tidak semua plugin wordpress terdaftar di wordpress.org, mungkin beberapa pengembang mempunyai alasan kenapa plugin yang mereka buat tidak didaftarkan di wordpress.org. Oleh karena alasan tersebut, maka cara lain untuk mencari plugin wordpress yaitu melalui Search engine, sebagai contoh adalah Google.
Berikut adalah cara mencari plugin wordpress melalui Google.
  • Silahkan kunjungi situs google.
  • Ketik kata kunci yang ingin anda cari, misal: E-commerce wordpress plugin (jangan lupa untuk menuliskan wordpress plugin atau plugin wordpress agar pencarian tepat sasaran), lalu klik tombol Search untuk memulai pencarian.
    google wordpress plugin
  • Silahkan kunjungi website yang kira-kira menarik perhatian anda.
Menggunakan plugin dari Search Engine sedikit beresiko dibandingkan dengan menggunakan plugin yang telah terdaftar di wordpress.org. Oleh karenanya, lakukan ini dengan tanggung resiko sendiri.

Cara Install Plugin

Sekarang diasumsikan bahwa anda telah mempunyai file plugin wordpress yang anda butuhkan. Berikut adalah cara install plugin di wordpress :
  1. Silahkan login ke admin wordpress anda.
  2. Alihkan perhatian ke sebelah kiri kemudian klik menu Plugins lalu klik sub menu Add New.
    plugin wordpress
  3. Klik Upload. Klik tombol Browse.. lalu pilih file plugin yang mau di install (harus dalam bentuk file .zip), Klik tombol Install Now.
    install plugin wordpress
  4. Silahkan tunggu sampai proses upload selesai. Lamanya waktu proses upload tergantung kepada koneksi internet yang anda gunakan.
  5. Jika plugin telah selesai diupload, anda tinggal mengaktifkannya dengan klik Activate Plugin. aktifkan plugin wordpress
  6. Selesai.

Tambahan untuk install plugin wordpress

Menurut ID Tutorial, cara terbaik untuk install plugin adalah melalui Search Plugin (baca keterangan diatas), karena disini anda bisa mencari plugin yang memang telah lolos ujicoba pihak wordpress, dan untuk proses instalasi relatif lebih cepat dibanding dengan melalui Upload plugin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar